BAB 4 PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM VoIP

Pendahuluan

Dalam materi ini, Anda akan mempelajari cara melakukan pengujian layanan VoIP ketika terjadi masalah, kemudian mengidentifikasi, menganalisis, dan melakukan perbaikan terhadap sistem tersebut. Ada beberapa isu penting yang sering menjadi kendala dalam pengelolaan VoIP, khususnya pada server Trixbox, antara lain proses monitoring dan update sistem, gangguan dan kendala dalam komunikasi berbasis VoIP, permasalahan pada sistem ZAP, IAX2, dan echo, hingga kegagalan fungsi hardware yang akan dibahas pada Bab 4 ini. Selain itu, pada akhir bab akan diberikan tambahan materi tentang aktivitas peningkatan keamanan dengan melakukan beberapa perubahan mendasar pada konfigurasi server Trixbox untuk menjaga server agar tetap stabil dalam memberikan layanan VoIP.

Masih ingatkah Anda tentang materi VoIP? Materi VoIP yang berisi tentang konsep kerja, karakteristik, protokol standar, hingga mekanismenya dalam arsitektur softswitch sebelumnya telah dijelaskan pada buku Teknologi Layanan Jaringan Kelas XI. Pada bab ini, Anda akan dijelaskan mengenai evaluasi kerja, perawatan, dan analisis permasalahan dalam sistem komunikasi VoIP.


A Monitoring dan Update Sistem

Update sistem adalah mekanisme memperbaiki dan memperbarui bagian dan modul-modul sistem agar memperoleh library dan support layanan terbaru. Dengan melakukan update sistem, Anda dapat memperoleh beberapa keuntungan, antara lain sebagai berikut.

1. Menutup dan memberikan patch kelemahan sistem.

2. Memperbaiki bug sistem.

3. Menambah fitur-fitur baru.

4. Meningkatkan kinerja sistem.


Dalam melakukan pembaruan sistem atau update sistem, Anda dapat melakukannya, baik secara manual maupun otomatis. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam melakukan teknik update sistem server VoIP secara manual, yaitu sebagai berikut.


1. Keuntungan melakukan update secara manual adalah sebagai berikut.

a. Dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan sistem.

b. Besar kapasitas hard disk yang digunakan untuk menyimpan file hasil update dapat disesuaikan dengan kebutuhan.


2. Kekurangan sistem update secara manual adalah sebagai berikut.

a. File library sistem tidak selalu di-update sesuai dengan library terbaru.

b. Versi terbaru dari patch sistem tidak terdeteksi dengan baik.


Ketika melakukan update atau patching sistem, Anda dapat menggunakan dua metode patching, yaitu sebagai berikut.

1.ISV vendor

ISV vendor adalah tool yang tersedia secara default dalam sistem itu sendiri. Contohnya adalah Windows Server Update Service (WSUS) dan Red Hat Network (RHN).

2. Third party tool

Third party tool adalah tool yang disediakan oleh aplikasi lainnya, seperti Tivoli Endpoint Manager (BigFix) dan Vmware Update Manager.


Untuk melakukan proses update atau patch, ada tiga proses yang dapat Anda lakukan, yaitu sebagai berikut.

1. Notifikasi

Notifikasi merupakan informasi yang berisi pemberitahuan tentang adanya versi baru yang dapat digunakan sebagai update sistem. Kondisi ini dapat ditampilkan secara manual ataupun secara otomatis.

2. Penjadwalan atau Scheduling

Proses penjadwalan terhadap hal-hal yang terkait update sistem, seperti library, support team, jenis aplikasi yang berkaitan dengan waktu, dan tanggal proses update-nya.

3. Deployment dan Pasca Deployment

Deployment dan post-deployment adalah tindakan yang dapat dilakukan setelah proses update, misalnya me-restart mesin, melakukan defrag, dan lainnya.

Pada sistem operasi server VoIP dengan Trixbox, Anda dapat melakukan update data dengan mengeklik menu Package. Anda dapat memilih daftar paket yang akan di-update atau diinstal.


di upgrade, atau di-delete, centang atau aktifkan option box kemudian tekan tombol action yang akan diterapkan.

Selain melakukan update sistem Trixbox, disarankan untuk melakukan beberapa aktivitas monitoring server, seperti berikut.

1. Checking Sistem health

Pada Trixbox, terdapat beberapa fitur yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pemantauan kesehatan dan kinerja sistem dalam melayani sistem VoIP pada jaringan telekomunikasi. Monitoring tersebut dapat berupa informasi secara grafis yang menunjukkan status saat ini tentang detail komponen sistem.

2. Server status

Bagian server status akan memberikan informasi tentang status layanan sistem umum yang berjalan pada sistem internet. Secara default ketika melakukan instalasi, server HUD tidak akan ikut terinstal. Oleh karena itu, informasi N/A akan diberikan setelah Anda berhasil memasang aplikasi HUDLite Admin.

3. Network usage

Bagian ini menunjukkan kinerja kartu jaringan dalam server Trixbox. Jika dalam web menunjukkan terjadi banyak error atau dropped packet pada kolom terakhir, kondisi ini menunjukkan bahwa kartu jaringan dalam komputer tidak berfungsi dengan baik atau terjadi switch port. 

4. Memory usage

Memory usage merupakan informasi tentang penggunaan RAM dalam sistem. Secara default, semua distro Linux, khususnya Trixbox akan memakan RAM sehingga terkadang grafis yang ditampilkan juga kurang bagus. 

5. Mounted File systems

Oleh karena Trixbox selalu menyimpan setiap log aktivitas dalam hard disk, bisa jadi dalam satu waktu server akan mengalami out of disk. Hal tersebut dapat menyebabkan performa sistem menjadi menurun, tidak dapat merekam panggilan ke sistem, dan tidak dapat menjawab permintaan panggilan dari client. 

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pemeriksaan kapasitas hard Disk.

A. Memeriksa direktori voice mail

Perintah yang digunakan adalah sebagai berikut.

[Trixbox1.localdomain ~ ] # du - s - h /var/spool/asterisk /voicemail/

12k           /var/spool/asterisk/voicemail/

You have new mail in /var/spoor/mail/root


b. Memeriksa direktori recorded calls 

Perintah yang digunakan adalah sebagai berikut.

[Trixbox1.localdomain ~ ]# du - s - h /var/spool/asterisk/monitor 

4.0k         /var/spool/asterisk/monitor


C. Memeriksa direktori log file sistem 

Perintah yang digunakan adalah sebagai berikut.

[Trixbox1.localdomain ~]# du - s - h /var/log/asterisk

1. 4M         /var/log/asterisk


6. Status Kotak Trix

Pada Gambar 4.2, ditunjukkan beberapa informasi seperti hostname, IP address, dan system uptime. Selain itu, ditunjukkan pula informasi tentang number of active calls serta number of configured devices online dan offline.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman General CLI commands